resep cah sayur seafood saus telur asin

image

sembari menunggu pengumuman penerimaan di kampus sono, saya eksperimen masakan juga, karena dirumah lagi banyak telor asin dapet kiriman dr sodara di jogja. bikin sendiri lagi telor asinnya. ditanggung aammaaannn!!!
terinspirasi oleh udang goreng saus telur asin, saya coba mengembangkan resep menjadi cah sayur seafood saus telur asin. jadinya agak mirip cap cay, tapi sausnya lebih creamy karena telur asinnya tadi.
bahan-bahan:
2 ikat sawi daging
50 gr jamur tiram yang diiris panjang dan tipis
3 buah bakso salmon (atau bisa diganti bakso ikan aja)
100 gr gurita beku (bisa dibeli di supermarket gede atau diganti cumi2 yg sudah dibersihkan dan dipotong kotak2)
100 gr udang
3 buah telur asin
1 buah jeruk nipis
1/4 buah bawang bombay
4 siung bawang putih
larutan maizena secukupnya
saus sambal, garam, gula, merica secukupnya
minyak goreng untuk menumis

cara pembuatan:
1. baluri udang dengan garam dan merica serta air dari 1/2 buah jeruk nipis, diamkan
2. iris tipis bawang bombay dan bawang putih, sisihkan.
3. iris kasar sawi, sisihkan
4. belah bakso salmon jadi empat bagian. juga gurita/cumi bila terlalu besar. rebus sebentar hingga setengah matang.
5. kupas telur asin matang, lalu pisahkan kuning dengan putihnya. rajang kasar putih telur dan haluskan kuning telur dengan menggunakan sendok.
6. goreng udang hingga setengah matang lalu tiriskan.
7. tumis bawang bombay dan bawang putih, hingga harum lalu masukkan putih telur, aduk sebentar, lalu kuning telur dan larutan maizena. tambahkan air jeruk nipis agar amis dari telur asinnya hilang.
8. kemudian masukkan garam, gula, merica dan saus sambal. sebaiknya diicip rasanya supaya sausnya pas.
9. masukkan bakso salmon, udang, gurita, aduk hingga merata dan seluruhnya tertutup saus.
10. ketika sudah mendidih masukkan sawi.
11. angkat dan sajikan.
12. goreng jamur (di tempat terpisah) sampai kering dan renyah. angkat dan taburkan diatas hidangan.

sebaiknya disantap selagi hangat karena enaaakkk…
oiya, kalau ingin mengganti/menambah sayurnya, sebaiknya pilih yg teksturnya lunak supaya mudah matang, atau kalo memang suka sayur seperti wortel misalnya, bisa diiris tipis dan dimasukkan ke wajan lebih dulu supaya tidak merusak tekstur yg lain. boleh ditambahkan paprika merah supaya warnanya lebih cantik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s