Jadilah, Parende.

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakaatuh,
Sahur apa nih? (sok keren, seperti ada yang baca aja dini hari gini)
Alhamdulillah, malam ini lumayan sejuk, hingga kami serumah bisa tidur tanpa kipas angin. Maklum, musim panas, baik siang maupun malam suhu sama-sama tinggi.
Agak nggak nyambung dengan kondisi malam, hari ini saya mau bercerita tentang Parende. Parende ini nama makanan khas Buton (suku di Wakatobi) yang terdiri dari ikan laut yang direbus bersama bumbu-bumbu seperti bawang, lombok, tomat dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini biasa dimasak oleh Papa setiap Ahad kalau di rumah, saat beliau lepas dari segala kesibukan.
Saya suka kangen dengan masakan ini, karena saya selalu punya kenangan indah bersamanya. Kenangan dimana kami bisa berkumpul sebagai satu keluarga, makan dengan tenang sembari menonton televisi. Selayaknya keluarga normal pada umumnya. Karena itulah, saya ngotot ingin sekali memasak masakan ini.
Perlu diketahui, bahwa ini adalah kali pertama saya memasak Parende, seumur hidup saya. Ketika Papa mengetahui bahwa saya akan memasak makanan ini, beliau cukup surprise karena sebagaimana beliau tahu, saya tidak punya kemampuan yang mumpuni untuk memasak ikan. Membersihkan ikan dari segala macam yang harus dihilangkan saja saya tidak tahu, apalagi meracik bumbu yang sempurna. What a perfect challenge.
Walaupun rasa nggak terlalu mirip, walaupun masih kebanyakan bumbu (padahal sudah diperingatkan sama Papa), dan walau saya nggak tahu apakah menu tersebut akan cocok di lidah teman-teman se-kontrakan untuk menu sahur, masakan ini nekad saja saya sajikan.
image
Dan inilah, Parende ala Ludi.

Salam-menyambut-17-Ramadhan

-Ludi-

One thought on “Jadilah, Parende.

Leave a Reply

