Ramadhan Bogossipda

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakaatuh,

Hayo, siapa yang hari gini masih sedih? Pan, Ramadhan udah dekat. Kenapa harus bersedih?

Baru ditinggal pacar kak..
Masih jomblo lud..
Nggak lulus SBMPTN, mbak..
Jauh dari Bapak Ibu, ngerantau sih…

Hush hush hush. Hayo, Mas Mbak Adik Bapak Ibu. Ramadhan udah tinggal besok, berbahagia dong. Nggak semua orang bisa merayakan Ramadhan sesuka cita kita. Rasulullah mengatakan,
“Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa didalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka….” (HR. Ahmad)

Saudara-saudara kita di Mesir, harus menyambut Ramadhan dalam keadaan pasca perang yang pasti mencekam. Nggak usah jauh-jauh, saudara kita yang di Aceh dan Sumbar juga masih berduka karena terkena musibah gempa. Nggak usah jauh-jauh deh, lihat kiri kanan, ada nggak fakir miskin atau orang sakit yang nggak bisa ikutan puasa. Subhanallah walhamdulillah, kita masih dikasih kesempatan yang sempurna untuk berpuasa. Iya, sempurna, walau hati masih sedih karena dapat kesulitan ini dan itu, tapi iman masih ada dalam hati kita to?
Ludi mah enak, bisa ngerasain Ramadhan di luar negeri, jadi bisa seru-seruan sama teman-teman disana.
Eits, jangan salah, bukannya enak, tapi enak banget. Hehe. Jauh dari orang tua, dibikin enak. Sahur ga semewah dirumah, dibikin enak. Masjid jauh dari kontrakan, jadi ga tiap hari denger adzan dan tadarrus, dibikin enak. Puasa 17 jam, dibikin enak. Puasa pas summer dan orang-orang matiin AC untuk nge-save energi, dibikin enak. Tugas di lab berjibun sampai ga bisa buka+tarawih di masjid tiap hari, dibikin enak.
Subhanallah, iman itu sejuk kan? iman itu manis dan lezat kan? Demikianlah, hanya iman yang membuat kita sanggup menghadapi rintangan semacam apapun supaya Allah ridha sama kita.

Semoga yang begini ini bisa menjadi pengingat, terutama bagi saya, agar lebih bersemangat menyambut Ramadhan. Rugi banget soalnya, kalau Ramadhan lewat tanpa kita melakukan apapun yang bisa membuat kita lebih baik.
اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Marhabban Yaa Ramadhan

Salaam-Let’s be better this Ramadhan

-Ludi-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s